Ayo Jadi Agen Pulsa HP Termurah


<$

$>

Etanol Dapat Diperoleh Dari Tuak

Ujicoba proses pembuatan etanol dari minuman tuak oleh Dinas Pertambangan dan Energi Tuban ditanggapi masyarakat dengan baik. Langkah ini menghasilkan keuntungan sebesar Rp2.500 dari hitungan harga jual dua liter etanol sebesar Rp17.500 dikurangi biaya tuak dan Gulajawa sebesar Rp15.000.

Kadis Pertambangan dan Energi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur (Jatim) Mudji Slamet, menyatakan proses pembuatan etanol dari minuman tuak sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) direspon positif oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari kedatangan mereka untuk mempelajari proses pembuatan minuman tuak menjadi etanol.

Sejumlah sentra daerah penghasil minuman tuak di Tuban seperti Kecamatan Plumpang, Palang, dan Tambakboyo. Minuman tuak dihasilkan dari pohon nira.

Minuman tuak dapat dirubah menjadi etanol, ujar Mudji, dengan campuran 10 liter tuak dengan Gulajawa seharga Rp15.000. Kemudian, campuran ini difermentasi selama tujuh hari. Selanjutnya disuling yang menghasilkan dua liter etanol seharga Rp17.500. Sekitar 4.000 pohon nira terdapat di Tuban.

Sementara itu Bupati Tuban Haeny Relawati mengusulkan etanol yang diperoleh dari minuman tuak masuk kurikulum pendidikan. Hal sedang diujicobakan di Kantor Dinas Pertambangan dan Energi Pemkab Tuban. Mochamad Ade Maulidin

sumber:http://www.wartaekonomi.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=3030:etanol-dapat-diperoleh-dari-tuak-&catid=53:aumum

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home