Ayo Jadi Agen Pulsa HP Termurah


<$

$>

Mobil Termurah di Dunia

MUMBAI -- Tata Motors, perusahaan otomotif India, Senin (23/3) meluncurkan Nano, yang diklaim sebagai mobil termurah di dunia. Diharapkan kehadiran mobil mungil yang ditujukan bagi kalangan kelas menengah ini akan menggairahkan industri otomotif India yang mengalami kelesuan penjualan menyusul krisis global saat ini.

Kendaraan ini bertenagakan mesin 623 cc, dua silinder dan memiliki empat tingkat kecepatan dengan kecepatan maksimum 105 kilometer per jam. Tata Nano belum dilengkapi alat penyejuk ruangan, electric window, dan power steering. Namun, versi deluxe sudah dilengkapi alat penyejuk ruangan. Bagi yang berminat kendaraan ini hanya dibandrol seharga 100 ribu Rupee atau 2 ribu dolar AS.



Pimpinan Tata Motors, Ratan Tata, berharap kehadiran Nano akan mengubah gaya hidup masyarakat menengah India dari menggunakan roda dua menjadi roda empat yang lebih aman. ''Saya lihat sebuah keluarga dengan dua orang anak naik sepeda motor berjejalan. Ini membuat saya terkejut karena keselamatan mereka begitu menjadi taruhan. Karena itu kendaraan ini sesuai bagi keluarga,''katanya.

Kalangan analis otomotif memerkirakan peminat kendaraan ini akan melampaui kapasitas produksi yang terbatas hanya mampu mencapai 30 hingga 50 ribu unit kendaraan dalam tahun pertama. Padahal potensinya mencapai 250 ribu unit.

Peluncuran mobil baru itu kontan disambut positif para konsumen di India. ''Memang tidak aman bagi keluarga yang memiliki dua anak naik sepeda motor,'' kata Ganesh Khand yang berencana membeli Nano tersebut.

Sejumlah diler juga sudah mulai kebanjiran pesanan kendaraan yang peluncurannya tertunda menyusul terjadinya aksi protes terhadap akuisisi tanah pertanian yang digunakan untuk membangun pabrik Nano tersebut. Tata Motors sendiri terpaksa memindahkan pabriknya dari Bengal barat ke Gujarat.

Untuk jangka panjang Tata berharap Nano akan menjadi salah satu produk andalannya hingga mancanegara. Awal pekan ini, perusahaan tersebut juga memperkenalkan produk Nano yang sudah dilengkapi kantong udara dan lapisan kulit pada pintu. Kendaraan itu akan membanjiri pasaran 2011 dengan harga lebih mahal dibanding di India.

Namun, kalangan pemerhati lingkungan menilai kehadiran Nano akan memerpanjang daftar kemacetan lalu lintas di negara terpadat penduduknya kedua di dunia itu. Selain polusi udara. ''Semua kendaraan yang beroperasi akan memenuhi jalanan dan akan menambah kemacetan,'' kata Rajendra Pachauri, kepala PBB bidang lingkungan yang meraih hadian Nobel 2007.

Sumber:http://www.republika.co.id/berita/39446/Mobil_Termurah_di_Dunia_Diluncurkan

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home